Peran Mikroorganisme dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Latar Belakang

            Sadar atau tidak, banyak terdapat makhluk hidup berukuran renik yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Jasad renik ini sering disebut sebagai mikroorganisme. Peran mikroorganisme baik yang menguntungkan maupun yang merugikan secara nyata  menjadi bukti terjadinya interaksi antara mikroba dengan makhluk hidup lainnya. Kebanyakan orang tidak menyadari hal itu karena ukuran mikroorganisme yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikroorganisme hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat yang disebut mikroskop. Alat ini memungkinkan untuk mengamati bentuk dan struktur sel-sel mikroorganisme dengan lebih jelas.

Dunia mikroorganisme terdiri dari berbagai kelompok jasad renik yang terdiri atas satu sel atau biasa disebut uniseluler. Setiap sel tunggal mikroorganisme dapat melakukan aktivitas kehidupan seperti mengalami pertumbuhan, menghasilkan energi, dan berkembang biak sebagaimana makhluk hidup lainnya. Secara kolektif, jasad renik ini dinamakan protista. Ciri utama yang membedakan antara kelompok mikroba tertentu dengan kelompok mikroba lainnya ialah organisasi bahan selulernya. Perbedaan ini memisahkan semua jenis protista menjadi dua kelompok utama, yaitu prokariota dan eukariota.

Prokariota merupakan protista tingkat rendah yang memiliki ciri tidak terdapatnya membran plasma yang memisahkan nukleus dari sitoplasma, pembagian nukleus dengan pembelahan, dan dinding sel mengandung mukopeptida, semacam molekul kompleks yang memberikan kekakuan pada struktur selnya. Bahan sel mikroorganisme prokariotik dikelilingi oleh sitoplasma yang berfungsi mengatur keluar masuknya zat-zat dari dalam maupun dari luar sel. Berbeda dengan mikroorganisme prokariota, eukariota memiliki struktur sel yang jauh lebih rumit. Ciri utama struktur internal eukariota yang membedakannya dengan prokariota adalah sistem membrannya yang sangat ekstensif. Membran ini disebut dengan retikulum endoplasma. Membran ini meluas ke seluruh sitoplasma dan bagian-bagian penyekat sel dengan cara melingkungi struktur-struktur tertentu atau situs-situs kegiatan biokimiawi.

            Peran mikroorganisme sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Perannya dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat secara nyata, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan. Lingkungan hidup mikroba salah satunya adalah tubuh manusia. Sadar atau tidak, banyak diantara miroorganisme yang menghuni dan mendapatkan nutrisi dari tubuh manusia. Beberapa jenis mikroba dapat menyebabkan penyakit baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan, sedangkan yang lainnya terlibat langsung dalam kegiatan sehari-hari manusia baik dalam bidang pangan, industri, dan pertanian. Menurut Pelczar (2010:13), menyatakan bahwasanya dunia mikroorganisme terdiri dari lima kelompok organisme : bakteri, protozoa, virus, serta algae, dan cendawan mikroskopis.

Telaah mengenai mikroorganisme dipelajari dalam cabang ilmu biologi yang disebut dengan mikrobiologi. Menurut Dwidjoseputro (1994:5), menyatakan bahwasanya mikrobiologi ialah ilmu pengetahuan tentang perikehidupan makhluk-makhluk kecil yang hanya kelihatan dengan mikroskop ( bahasa Yunani mikros = kecil, bios = hidup, logos = kata atau ilmu). Makhluk-makhluk kecil itu disebut mikroorganisme, mikroba, protista, atau jasad renik.

Mikrobiologi mempelajari banyak segi mengenai jasad-jasad renik ini dalam hal tempat hidupnya, ciri-cirinya, kekerabatan antara sesamanya, pengendaliannya, serta peranannya dalam kesehatan dan kesejahteraan manusia. Ilmu pengetahuan tentang mikroorganisme merupakan ilmu terapan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia jika digunakan dengan bijak. Hal ini menjadikan mikrobiologi sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat, walaupun tergolong kedalam ilmu yang masih muda. Mikrobiologi berkembang menjadi beberapa cabang ilmu yang lebih luas, diantaranya adalah mikrobiologi pangan, mikrobiologi industri, dan mikrobiologi pertanian.

  1. Rumusan Masalah

           Rumusan masalah dalam makalah ini adalah :

  1. Bagaimana peran mikroorganisme dalam bidang pangan ?
  2. Bagaimana peran mikroorganisme dalam bidang industri ?
  3. Bagaimana peran mikroorganisme dalam bidang pertanian ?
  4. Pembahasan

     3.1. Peran Mikroorganisme dalam Bidang Pangan

Bahan makanan banyak mengandung unsur-unsur penting yang yang bayak dibutuhkan oleh mikroorganisme. Mikroba membutuhkan karbon, vitamin, mineral, nitrogen, fosfat, serta bahan-bahan yang dapat mendorong pertumbuhan mikroba. Selain unsur-unsur diatas, mikroorganisme juga membutuhkan unsur mikro seperti Ca, Mn, Na, Mg, Zn, Co, Fe, dan Cu. Bahan makanan terdiri dari protein, karbohidrat , lemak, vitamin dan mineral. Mikroba dapat membusukkan protein dan menguraikannya menjadi unsur-unsur yang lebih sederhana.  Selain itu, mikroorganisme juga dapat memfermentasikan karbohidrat menjadi alkohol, serta menjadikan minyak dan lemak berbau tengik.

Beberapa mikroba dapat menyebabkan penyakit dan menghasilkan racun pada makanan sehingga dapat menyebabkan keracunan makanan. Hal ini dikarenakan bakteri atau mikroorganisme tertentu dapat menghasilkan toksin atau racun. Menurut Pelczar & Chan (2012:893), menyatakan bahwasanya

meskipun banyak mikroorganisme tidak berbahaya bagi manusia,

beberapa mikroorganisme pencemar dapat mengakibatkan kerusakan,

dan yang lain menimbulkan penyakit atau menghasilkan racun

yang menyebabkan keracunan makanan. Beberapa mikroorganisme

bersifat menguntungkan; misalnya dapat menghasilkan

produk-produk makanan khusus seperti keju dan acar, keduanya enak

dimakan dan tidak mudah rusak. Disamping itu mikroorganisme pun

dapat merupakan makanan tambahan bagi manusia dan hewan.

Sesungguhnya, mikroorganisme nahkan merupakan sumber makanan

pilihan yang menarik.

Dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan oleh aktivitas-aktivitas mikroorganisme dapat dirasakan baik secara langsung maupun secara tidak langsung oleh umat manusia. Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada makanan merupakan salah satu contoh kerugian yang disebabkan oleh mikroorganisme. Hal ini menjadikan perubahan pada makanan baik dari segi rasa, warna, dan bau serta nutrisi yang terkandung didalamnya. Selain itu, mikroorganisme juga memilki peran yang menguntungkan dalam kehidupan manusia. Hal ini sebagaimana pernyataan Pelczar dan Chan diatas, bahwa mikroorganisme dapat digunakan dalam pembuatan produk makanan yang memiliki rasa yang lezat serta memiliki ketahanan yang cukup baik. Keuntungan lain yang diperoleh dari pemanfaatan mikroba adalah makanan tambahan yang berupa mikroba itu sendiri.

Peran Merugikan Mikroorganisme

            Beberapa kerugian yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme pada umumnya dapat mengakibatkan perubahan susunan makanan atau kerusakan pada makanan yang dapat menurunkan nilai mutu dari suatu bahan pangan ataupun makanan itu sendiri. Selain itu, dapat pula berupa penyakit-penyakit baik yang menular maupun yang tidak menular, serta dapat pula berupa keracunan makanan akibat dari kontaminasi mikroorganisme pada bahan pangan.

Kerusakan makanan dapat terjadi pada makanan yang tidak dikalengkan maupun makanan yang berkaleng. Pelczar & Chan (2012:895-896) menyajikan beberapa contoh kerusakan pada makanan yang tidak berkaleng beserta mikroba yang terlibat didalamnya pada tabel dibawah ini.

Makanan Tipe Kerusakan Beberapa Mikroorganisme yang Terlibat
Roti

 

 

 

Sirop

 

 

 

 

 

Buah-buahan dan sayur-mayur segar

 

Acar, sauerkraut

Daging segar

 

 

 

Daging yang diawetkan

 

 

 

 

 

Ikan

 

 

Telur

 

 

 

Air jeruk pekat

 

 

Daging unggas

Bulukan

 

 

Menyerabut

Menyerabut

Rasa Khamir

 

Merah muda

Bulukan

 

Busuk lunak

 

Busuk berkapang kelabu

Busuk berkapang hitam

Lapisan khamir, khamir merah muda

Pembusukan

 

 

 

Bulukan

 

 

Rasa asam

 

Hijau, lendir

 

Berubah warna

Pembusukan

 

Busuk hijau

Busuk tak berwarna

 

Busuk hitam

Rasa tidak enak

 

 

Lendir, bau

Rhizopus nigricans

Penicillium

Aspergillus niger

Bacillus subtilis

Enterobacter aerogenes

Saccharomyces

Zygosaccharomyces

Micrococcus roseus

Aspergillus

Penicillium

Rhizopus

Erwinia

Botrytis

Aspergillus niger

Rhodotorula

 

Alcaligenes

Clostridium

Proteus vulgaris

Pseudomonas fluorescens

Aspergillus

Rhizopus

Penicillium

Pseudomonas

Micrococcus

Lactobacillus

Leuconostoc

Pseudomonas

Alcaligenes

Flavobacterium

Pseudomonas fluorescens

Pseudomonas

Alcaligenes

Proteus

Lactobacillus

Leuconostoc

Acetobacter

Pseudomonas

Alcaligenes

Selain kerusakan makanan seperti pada tabel diatas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah racun yang diproduksi oleh kelompok mikroorganisme tertentu. Toksin yang mereka hasilkan dapat berupa enterotoksin maupun neurotoksin. Enterotoksin merupakan toksin yang mengganggu alt pencernaan, sedangkan neurotoksin merupakan toksin atau racun yang mengganggu urat saraf. Menurut Budiyanto (2004:19), menyatakan bahwasanya beberapa jamur

yang mengontaminasi makanan mampu memproduksi mikotoksin yang dapat meracuni manusia. Beberapa jamur yang memproduksi mikotoksin adalah Aspergillus flavus dan Aspergillus parasiticus memproduksi aflatoksin, Penicillium cyclopium, Penicillium martensii, Aspergillus ochraceus, dan Aspergillus melleus memproduksi asam penisilat.

Peran Menguntungkan Mikroorganisme

 Selain beberapa peran merugikan mikroba diatas, peran menguntungkan mikroorganisme juga merupakan hal penting yang perlu diketahui. Peran mikroorganisme yang menguntungkan bagi manusia sebagaimana telah disinggung diatas, diantaranya adalah pembuatan produk pangan yang lebih tahan lama, serta menjadikan mikroba sebagai makanan tambahan baik bagi manusia maupun hewan. Produk pangan yang diolah dengan bantuan mikroba dapat dibagi menjadi produk persusuan dan produk makanan fermentasi selain persusuan. Pelczar &Chan (2012:898-900), menyatakan beberapa produk susu yang difermentasikan oleh mikroorganisme dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Produk Fermentasi Mikroorganisme Utama yang Melakukan Fermentasi dan Perubahanyang Dihasilkan
Rum masam yang dibiaki mikroorganisme

 

 

 

Susu Bulgaria

 

Susu asidofilus

 

Yogurt

 

 

Kefir

 

 

 

Kumiss

Sama dengan yang digunakan untuk pembuatan susu mentega yang dibiaki bakteri, yaitu Streptococcus, Leuconostoc

Asam dan rasa/ aroma

Lactobacillus bulgaricus

Asam dan rasa/ aroma

L. acidophilus

Asam

Streptococcus thermophilus

L.bulgaricus

Asam dan rasa/ aroma

S.lactis

L.bulgaricus

Khamir peragi laktose

Asam dan rasa/aroma

Sama dengan yang dijumpai pada kefir

Asam dan rasa/aroma

Selain produk pangan yang berasal dari susu yang difermentasi seperti pada tabel diatas, terdapat pula beberapa produk pangan hasil fermentasi lain. Pelczar & Chan (2012:901), beberapa produk makanan lain yang dihasilkan dari fermentasi mikroorganisme dapat dilihat pada tabel berikut :

Bahan Makanan Hasil Fermentasi Bahan Asal Mikroorganisme yang berperan
Sauerkraut

(Sayur asin kubis)

Irisan kubis Tahap awal :

Enterobacter cloacae

   Erwinia herbicola

Tahap intermediat :

Leuconostoc mesenteroides

Tahap akhir :

Lactobacillus plantarum

 

Acar Ketimun Fermentasi awal :

Leuconostoc mesenteroides

   Streptococcus faecalis

   Pediococcus cerevisiae

Fermentasi lanjut :

   Lactobacillus brevis

   L. plantarum

 

Buah zaitun hijau Buah zaitun Tahap awal :

Leuconostoc mesenteroides

Tahap intermediat :

Lactobacillus plantarum

   L. brevis

Tahap akhir :

   L. plantarum

  

Susis Daging sapi dan babi Pediococcus cerevisiae

Micrococcus spp.

 

3.2. Peran Mikroorganisme dalam Bidang Industri

Mikroorganisme dapat dipandang sebagai pabrik kimia mini oleh karena kemampuannya yang beragam dalam menciptakan perubahan-perubahan kimiawi. Beberapa substansi alamiah dapat diubah oleh beberapa mikroorganisme. Mikroorganisme dapat mengubah bahan mentah menjadi suatu produk baru yang bernilai ekonomis. Pemanfaatan mikroba dalam bidang industri telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia telah banyak diproduksi secara komersial. Pemanfaatan mikroba dalam bidang industri antara lain produksi cuka, pembuatan alkohol, ragi roti, gasohol, produksi penisilin, produksi enzim, pengubahan steroid, hingga pemanfaatan mikroba dalam bidang mikrobiologi perminyakan dan pertambangan.

Produk industri dengan kualitas yang diinginkan dapat dihasilkan dengan dilakukannya koordinasi metabolisme. Peran koordinasi metabolisme merupakan proses yang sangat penting dalam hal mikrobiologi industri. Hal ini dikarenakan dengan adanya koordinasi metabolisme dapat diharapkan kinerja produksi menjadi meningkat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas dalam waktu yang relatif cepat. Hal ini sebagaimana pernyataan Budiyanto (2004:25-42), menyatakan bahwasanya ada 6 cara koordinasi mikroorganisme yang dapat digunakan dalam industri mikrobial, yaitu sebagai berikut :

  1. Induksi

Induksi enzim didefinisikan sebagai peningkatan relatif kecepatan sintesis sebuah enzim tertentu, yang dihasilkan dari eksposur sel terhadap suatu bahan kimiawi yaitu suatu penginduksi (induser). Enzim-enzim yang dapat menginduksi dibutuhkan jika mikroorganisme berada dalam medium yang terbatas nutrisinya, misalnya hanya sebuah polisakarida sebuah oligosakarida, aau sebuah asam amino sebagai sumber satu-satunya karbon atau energi.

  1. Pengaturan (represi) Katabolit

Represi katabolit dapat didefinisikan sebagai penururnan relatif kecepatan sintesis suatu enzim khusus, yang dihasilkan dari ekposur terhadap suatu sumber karbon yang diasimilasi secara cepat. Kasus yang klasik adalah represi katabolit b-galaktosidase oleh pertumbuhan Escherisia coli pada glukosa.

  1. Pengaturan Umpan Balik

Enzim-enzim degeneratif umumnya diatur oleh proses-proses induksi an pengaturan katabolit, sedangkan enzim-enzim biosintetik yang mengubah senyawaan-senyawaan kompleks makromolekul umumnya dikontrol oleh pengaturan umpan balik. Terdapat dua cara pengaturan umpan balik, yaitu penghambatan umpan balik (inhibition) dan sistem represi umpan balik (represion).

  1. Pengaturan pada Jalur Bercabang (Branced Pathway)

Suatu masalah akan timbul jika mikroorganisme membentuk lebih dari satu produk akhir dari suatu sekuen metabolik yang umum, yang bercabang di satu atau lebih titik percabanga. Dalam kasus seperti ini sel harus memiliki mekanisme pencegahan suatu produk akhir dari interferensi dengan produksi senyawa lain yang diturunkan dari sekuen metabolik umum. Tanpa mekanise seperti itu situasi akan menjadi kacau.

  1. Pengaturan Asam Amino pada Sintesis RNA

Pada saat sebuah urutan asam amino kehabisan masukan asam amino pada medium pertumbuhannya, maka bukan hanya sintesis protein yang terhenti, tetapi juaga sintesis RNA. Kontrol sintesis RNA oleh asam amino bersifat ekonomis untuk sel, karena pembentukan RNA pada saat tidak terjadi sintesis protein merupakan suatu pemborosan yang sia-sia.

  1. Pengaturan Muatan Energi

Banyak reaksi metabolisme antara memberikan masukan energi dalam bentuk ATP, dengan demikian tidak mengherankan menemukan jalur Embden-Meyerhof dan siklus krebs yang diatur oleh keseimbangan antara ATP, ADP, dan AMP di dalam sel. Muatan energi = (ATP + 0,5 ADP) / (ATP + ADP + AMP), tidak hanya mengatur kegiatan enzim-enzim katabolik yang menghasilkan pembentukan ATP, tetapi juga pada enzim-enzim biosintetik yang enggunakan ATP.

  1. Kontrol Permeabilitas

Salah satu tambahan selain pengontrolan metabolik, sel mikroorganisme ternyata memiliki mekanise selektif yang lain dan penting untuk ekonomi kehidupannya, yaitu kontrol permeabilitas. Penahan permeabilitas utama adalah membran sel. Lapisan tebal sekeliling membran sel memberikan kekuatan, kecuali untuk molekul-molekul besar yang membiarkan sebagian besar aktivitas selektifnya kepada membran. Pengaturan metabolik mencegah sintesis yang berlebihan dari metabolik-metabolik dan makromolekul-makromolekul penting untuk kehidupan sel.

Industri mikrobial dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah ekonomi. Produk-produk yang dihasilkan oleh sel-sel mikroorgamisme sebagaimanan telah disinggung diatas, merupakan produk yang bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi kehidupan manusia apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Produk yang baik dihasilkan dari perlakukan yang baik pula. Sebagaimana pernyataan Budiyanto diatas, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil produksi koordinasi metabolisme mikroba. Tanpa adanya koordinasi metabolisme mikroba, kemungkinan besar produk yang dihasilkan akan mengalami kerusakan atau memiliki mutu yang rendah. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap nilai jual dari produk industri mikrobial yang dihasilkan. Pelczar & Chan (2012:927), beberapa produk industri mikrobial selain antibiotik dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Produk Bakteri Kegunaan
Aseton-Butanol Clostridium acetobutylicum dan yang lain Pelarut;pembuatan bahan kimia
2,3-Butanediol Bacillus polymyxa

Enterobacter aerogenes

Pelarut, pelembab, intermediat kimia
Dihidroksiaseton Gluconobacter suboxydans Bahan kimia halus
Asam-2-ketoglukonat Pseudomonas spp. Intermediat untuk asam D-araboaskorbat
Asam-5-ketoglukonat G. suboxydans Intermediat untuk asam tartarat
Asam laktat Lactobacillus delbrueckii Produk pangan; tekstil; dan penatu; pembuatan bahan kimia; menghilangan kapur dari kulit binatang.
Amilase bakter Bacillus subtilis Memodifikasi pati; merekat kertas; melepaskan perekat pada tekstil.
Protease bakteri B. subtilis Memperhalus struktur dan urat kulit binatang; melepaskan serat; penghilang noda; pengempuk daging.
Dekstran Leuconostoc mesenteroides Stabilisator dalam produk pangan; pengganti plasma darah.
Sorbose G. suboxydans Pembuatan asam askorbat
Kobalamin Streptomyces alivaceus; Propionibacterium freudenreichii Pengobatan anemia perniciocus; pelengkap makanan dan makanan ternak
Asam glutamat Brevibacterium spp. Aditif makanan
Lisin Micrococcus glutamicus Aditif makanan ternak
Streptokinase

Streptodornase

Streptococcus hemolyticus Penggunaan medis (melarutkan gumpalan darah)

 

3.3. Peran Mikroorganisme dalam Bidang Pertanian

Mikroorganisme memiliki peran menguntungkan maupun peran merugikan dalam bidang pertanian. Beberapa jenis mikroba dapat menyebabkan penyakit pada tanaman budidaya sehingga tidak jarang para petani mengalami kerugian yang cukup besar. Menurut Budiyanto (2004:185), “beberapa bakteri yang menyebabkan penyakit pada pada tanaman adalah Xanthomonas citri penyebab penyakit batang jeruk, Agrobacterium tumefaciens penyebab penyakit batang kopi dan Erwinia trachephila penyebab penyakit busuk daun labu”.

Sementara itu, beberapa jenis mikroba lainnya memiliki peran yang cukup penting dalam siklus mineral dalam tanah. Peran penting lainnya dari mikroorganisme tanah adalah sebagai biopestisida. Menurut Budiyanto (2004:187), “….secara ekologi, penggunaan biopestisida ini sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan penggunaan pestisida. Hal ini dikarenakan adanya efek residu pestisida terhadap manusia termasuk manusia. Bakteri-bakteri tertentu dapat menghasilkan endotoksin yang dapat meracuni serangga hama tanaman tertentu”.

Peran Merugikan Mikroorganisme

            Jasad renik yang merugikan merupakan agen penyebab penyakit yang timbul pada tanaman.  Selain itu, beberapa mikroorganisme diatas juga mampu menyebabkan kerusakan mikrobiologik pada benda-benda tekstil maupun benda-benda logam. Jenis mikroorganisme yang dapat dianggap sebagai golongan yang paling besar dan paling penting adalah cendawan. Beberapa jenis cendawan penyebab penyakit diantaranya adalah Plasmodiophora brassicaepenyebab kematian pada akar-akar kubis, Phyptophthora infestans, Aphanomuces laevis, Synchytrium endobioticum, dan lain sebagainya.

Selain cendawan, virus juga merupakan mikroorganisme patogen yang dapat menimbulkan berbagai masalah dan penyakit pada berbagai jenis tanaman. Virus umumnya merupakan parasit yang hanya dapat berkembang biak didalam sel hidup.Ukuran virus jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bakteri maupun cendawan. Beberapa jenis virus yang dapat menebabkan penyakit pada tanaman antara lain virus mosaik, virus tungro, dan masih banyak lagi.

Menurut Waluyo (2009:289), meyatakan bahwasanya           hanya diketahui sedikit pengaruh virus sebagai mikroorgansime             secara ekologis dalam tanah, kecuali sebagai partikel yang dorman             yang tidak memiliki kemampuan parasitik. Virus tanaman dapat        bertahan hidup dalam tanah, sementara itu virus insekta berkurang infektifnya selama setahun. Penyakit akibat virus dapat ditularkan     oleh nematoda dan fungi.

Peran Menguntung Mikroorganisme

            Selain berperan merugikan bagi tanaman, Mikroorganisme tanah juga memiliki peran penting yang bermanfaat bagi tanaman. Salah satu peran myang menguntungkan dari mikroorganisme adalah sebagai penghasil antibiotik Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan antibiotik adalah golongan Actinomycetes yang merupakan salah satu prokariota yang memiliki bentuk menyerupai jamur. Menurut Waluyo (2009:269-270) menyatakan bahwasanya “antibiotika adalah molekul organik yang mempunyai daya antimikrobial. Antibiotikan biasanya diambil dari metabolit intermediat yang pembentukannya melalui biosintesis yang bertahap. Misalnya, ada lebih 30 tahap biosintesis streptomisin.”

Mikroorganisme lain yang berperan penting dalam mikrobiologi pertanian adalah fungi. Fungi termasuk kedalam eukariota yang biasanya bentuknya berupa filamen dan berukuran lebih besar daripada bakteri. Menurut Waluyo (2009:273), “fungi merupakan agen utama (primer) dalam penguraian bahan-bahan organik. Fungi mendegradasi molekul kompleks seperti selulosa, hemiselulosa, pektin, pati, dan lignin”. Senyawa-senyawa tersebut merupakan jenis-jnis senyawa yang sulit diuraikan. Hal ini dikarenakan susunan kompleks senyawa tersebut.

Peran lain dari fungi adalah bertindak sebagai nutrien ke bentuk biomassa mikrobial. Mereka membantu mengikat agregat tanah. Fungi atau jamur dapat mendekomposisi nutrien dalam bentuk senyawa organik, sebagaimana telah disebutkan diatas. Selain dua mikroorganisme diatas mikroba lain yang berperan positif dalam bidang pertanian adalah alga.

Alga merupakan mikroorganisme autotrof. Alga memanfaatkan sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis, seperti halnya tumbuhan berklorofil. Berdasarkan warna pigmennya alga dikelompokkan menjadi empat kelompok, yaitu chloropyta, chrisopyta, paeopyta, dan rodhopyta. Clhoropyta atau alga hijau memiliki pigmen klorofil yang membuatnya berwarna hijau. Chrisopyta merupakan alga yang memiliki pigmen karoten sehingga menyebabkan alga ini berwarna kuning. Paeopyta dan rhodopyta masing-masing berwarna cokelat dan merah.

Peran alga dalam tanah berhubungan langsung dengan tingkat kesuburan pada tanah. Menurut Waluyo (2009:277), menyatakan bahwa “kesuburan tanah berkaitan langsung dengan kelimpahan alga. Hal ini karena, alga dapat memproduksi karbohidrat sendiri, sehingga nutrien tanah seperti N, P, dan K membantu pertumbuhan alga. Herbisida dapat juga dikurangi oleh populasi alga dalam dalam lingkungan tanah”.

Mikroorganisme juga berperan dalam siklus mineral dalam tanah. Peran inilah yang menjadikan mikroba dapat dikatakan sebagai salah satu agen penyubur dalam tanah. Siklus-siklus mineral tersebut antara lain siklus sulfur, siklus fosfor, siklus besi dan mangan, siklus nitrogen, dan siklus karbon. Mineral-mineral diatas merupakan unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

  1. Simpulan dan Saran

simpulan

Berdasarkan pernyataan-pernyataan diatas, dapat diperileh simpulan bahwa mikroorganisme memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan kemampuan mikroorganisme dalam mengubah susunan kimia suatu bahn atau unsur yang terdapat dilingkungan sekitar. Kemampuan mikroba tersebut dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai keperluan seperti pangan, industri, dan pertanian. Penerapan dalam bidang pangan berupa produk-produk pangan yang berkualitas dan tahan lama, serta pengembangan teknik sterilisasi dan pengawetan bahan pangan. Bidang industri menghasilkan produk-produk penting yang berguna dalam pembuatan bahan kimia, maupun antibiotik. Hasil industri mikrobial dapat digunakan dalam meningkatkan kesejahteraan manusia serta sebagai sumber pendapatan ekonomi yang bernilai jual tinggi. Peran mikroba dalam bidang pertanian adalah sebagai agen pengurai zat-zat kimia berbahaya seperti herbisida. Selain itu, mikroorganisme anah juga berperan dalam penyuburan yanah sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman.

Saran

            Agar dapat memahami makalah ini dengan baik sebaiknya para pembaca selakilan turut membaca buku yang tercantum pada daftar pustaka guna membantu pembaca sekalian dalam memahami hal-hal yang sekiranya belum dapat kami sampaikan dengan jelas.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Budiyanto, Moch. Agus Krisno. 2004. Mikrobiologi Terapan. Malang : UMM        Press.

Pelczar, Michael. J dan E.C.S. Chan. 2012. Dasar-Dasar Mikrobiologi 2. Jakarta : UI Press.

Waluyo, Lud. 2009. Mikrobiologi Lingkungan. Malang : UMM Press.

 

Leave a comment